Repository Universitas Lampung

Pemamfaatan Zeolit Alam Murni Asal Lampung Sebagai Adsorben Udara Pembakaran Untuk Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil Karburator

Wardono, Herry and Br Ginting, Simparmin (2007) Pemamfaatan Zeolit Alam Murni Asal Lampung Sebagai Adsorben Udara Pembakaran Untuk Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobil Karburator. In: Seminar Nasional Tahun Teknik Mesin (SNTTM) VI, 20-22 November 2007, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

[img]
Preview
PDF
Download (2170Kb) | Preview

    Abstract

    Propinsi Lampung merupakan salah satu produsen zeolit terbaik dan terbesar di Indonesia. Pemanfaatan zeolit sebagai adsorben udara untuk menghasilkan udara dengan konsentrasi oksigen yang tinggi telah lama dan banyak dilakukan, bahkan hingga kini terus dikembangkan. Akan tetapi, aplikasinya pada motor bakar masih sangat kurang, hanya terbatas untuk mereduksi emisi gas buang kendaraan. Saringan udara kendaraan bermotor hanya mampu menyaring partikel-partikel kasar, sedangkan zeolit alam mampu menangkap partikel berukuran molekular (seperti nitrogen, uap air). Pemanfaatan zeolit pada mobil karburator dilakukan pada penelitian ini. Pengujian dilakukan menggunakan 3 ukuran zeolit (1,5; 2; dan 2,5 mm), 3 variasi kemasan zeolit (kemasan penuh, setengah, dan terpisah), dan 4 variasi jumlah zeolit (100, 200, 300, dan 400 gram).Dari hasil pengujian diperoleh bahwa semakin kecil ukuran zeolit memberikan hasil yang lebih baik, zeolit ukuran 1,5 mm memberikan hemat bahan bakar yang paling tinggi. Namun demikian, karena perbedaan hemat bahan bakar yang terjadi pada penggunaan zeolit ukuran 1,5 mm dan 2 mm tidak terlalu signifikan, maka pada pengujian variasi kemasan digunakan zeolit ukuran 2 mm. Hal ini untuk menjaga kebersihan saringan udara mobil. Dari ketiga kemasan, kemasan penuh memberikan penghematan yang paling tinggi, yaitu sebesar 29,35 ml(12,67 %) pada penggunaan 200 ml zeolit alami. Kata kunci : Adsorption by zeolite, oxygen production, air filter.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
    Depositing User: Admin Fakultas Teknik
    Date Deposited: 26 Aug 2013 15:19
    Last Modified: 26 Aug 2013 15:19
    URI: http://repository.unila.ac.id/id/eprint/729

    Actions (login required)

    View Item