Repository Universitas Lampung

Studi Komparasi Pemanfaatan Aktivator NaOH dan KOH Pada Aktivasi Basa-Fisik Zeolit Pelet Tekan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Daya Engkol Motor Diesel 4-Langkah

Wardono, Herry and Korin A., Novian and Winata P., Chandra (2012) Studi Komparasi Pemanfaatan Aktivator NaOH dan KOH Pada Aktivasi Basa-Fisik Zeolit Pelet Tekan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Daya Engkol Motor Diesel 4-Langkah. In: Seminar Hasil-Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung, 20 September 2012, UNiversitas Lampung, Bandarlampung.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Krisis energi selalu terjadi di belahan bumi ini setiap tahunnya, khususnya di Indonesia.Hal ini terlihat dari banyaknya antrian di banyak SPBU di seluruh wilayah Indonesia.Zeolit alam Lampung dapat memberikan solusi terhadap permasalahan ini. Kemampuan zeolit alam dalam menghemat konsumsi bahan bakar motor bakar telah dibuktikan oleh Herry Wardono. Zeolit aktivasi kimia-fisik mampu memberikan hasil terbaik.Aktivator basa yang digunakan selama ini adalah NaOH 0,5N.Masih ada aktivator basa lainnya yang belum pernah diujikan untuk aplikasi pada motor bakar.Dalam penelitian ini, aktivator basa yang digunakan divariasi, yaitu NaOH dan KOH dengan variasi normalitas 0,25N, 0,5N, 0,75N, dan 1,0N. Massa zeolit pelet tekan yang digunakan yaitu 100 gr. Dari hasil penelitian terlihat bahwa zeolit pelet tekan KOH-fisik mampu menghemat konsumsi bahan bakar lebih tinggi dibanding zeolit pellet tekan NaOH-Fisik. Penghematan kosumsi bahan bakar tertinggi terjadi sebesar 10,2197% (KOH 0,75N) dan 9,7839% (NaOH 0,75N), yang terjadi pada putaran mesin 1500 rpm. Sedangkan peningkatan daya engkol terbaik didominasi zeolit pelet tekan NaOH-Fisik, yaitu sebesar 6,3175% (NaOH 1,0N) dan sebesar 5,2914% (KOH 1,0N), yang terjadi pada putaran mesin 3000 rpm. Kata Kunci : perlakuan udara pembakaran, zeolit pelet tekan, prestasi motor diesel.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Admin Fakultas Teknik
Date Deposited: 26 Aug 2013 15:20
Last Modified: 26 Aug 2013 15:20
URI: http://repository.unila.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item