Repository Universitas Lampung

Kajian Pemanfaatan Zeolit Pellet Perekat Pemanasan Asal Lampung Yang Diaktivasi Fisik Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Motor Diesel 4 Langkah, Umur Efektif Zeolit, Dan Metode Regenerasi

Br Ginting, simparmin and Wardono, Herry and Supriadi, Harnowo (2010) Kajian Pemanfaatan Zeolit Pellet Perekat Pemanasan Asal Lampung Yang Diaktivasi Fisik Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Motor Diesel 4 Langkah, Umur Efektif Zeolit, Dan Metode Regenerasi. In: Seminar Nasional Sains & Teknologi (SATEK) III, 18-19 Oktober 2010, UNiversitas Lampung, Bandarlampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Krisis energi memicu banyak peneliti untuk terus berupaya memperbaiki prestasi berbagai mesin yang mengkonsumsi bahan bakar sebagai energinya. Kemampuan zeolit alam asal Lampung bentuk granular untuk menaikkan prestasi motor bakar telah dibuktikan oleh Herry Wardono dan Simparmin br Ginting. Hasil yang diperoleh yaitu mampu menghemat bahan bakar hingga 11,2% (mesin bensin Laboratorium), 17% (sepeda motor), 23% (mobil 1500 cc), dan 10% (mesin diesel skala laboratorium). Pada aplikasi mesin kapasitas besar (mobil 1500 cc), zeolit granular yang digunakan terlihat sedikit terkikis sehingga mengotori filter udara mobil tersebut. Aplikasi filter zeolit granular ini pada mesin diesel skala besar dan industri tentunya akan mengalami kendala yang sama. Peningkatan nilai kekerasan zeolit granular ini dilakukan dengan mengubahnya menjadi pelet menggunakan perekat tapioka dengan konsentrasi 4, 5, dan 6%. Zeolit pelet perekat pemanasan ini diaktivasi fisik pada 175, 225, dan 275oC. Zeolit pelet perekat yang digunakan memiliki berat 100 gram. Pengujian dilakukan terhadap motor diesel 4-langkah, satu silinder, yang ada di Laboratorium Motor Bakar Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung, pada putaran mesin 2000, 2500, 3000, dan 3500 rpm. Hasil terbaik yang diperoleh yaitu zeolit pelet perekat ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 12,699%, yang terjadi pada zeolit pelet konsentrasi perekat 4%, temperatur aktivasi 225oC, dan putaran mesin 3500 rpm. Sementara itu, umur efektif zeolit pelet perekat pemanasan ini adalah 10 hari. Regenerasi yang dilakukan terhadap zeolit pelet perekat yang telah jenuh ternyata mampu memberikan tambahan umur efektif selama 4 hari. Kata Kunci :Zeolit Pelet Perekat, Adsorpsi Nitrogen, Oxygen-Rich Combustion.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
    Subjects: T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Kimia
    Depositing User: Admin Fakultas Teknik
    Date Deposited: 26 Aug 2013 15:18
    Last Modified: 26 Aug 2013 15:18
    URI: http://repository.unila.ac.id/id/eprint/748

    Actions (login required)

    View Item