Repository Universitas Lampung

Rancang Bangun Sistem Pahat Putar Modular (Modular Rotary Tool System) Untuk Pemesinan Material Alat Kesehatan Ortopedik (Titanium Alloy), Laporan Tahun Pertama Penelitian Strategis Nasional, Nopember 2013.

Harun, Suryadiwansa and Burhanuddin, Yanuar and Ibrahim, Gusri Akhyar (2013) Rancang Bangun Sistem Pahat Putar Modular (Modular Rotary Tool System) Untuk Pemesinan Material Alat Kesehatan Ortopedik (Titanium Alloy), Laporan Tahun Pertama Penelitian Strategis Nasional, Nopember 2013. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3264Kb) | Preview

    Abstract

    Saat ini negara kita masih sangat tergantung terhadap produk alat kesehatan asal impor, dimana salah satunya adalah peralatan kesehatan ortopedik (orthopedic) implan. Peralatan kesehatan ortopedik umumnya terbuat dari material titanium dan paduannya, karena material ini mempunyai karakteristik tahan terhadap korosi bila bereaksi dengan cairan dan jaringan tubuh sehingga tidak menghasilkan sel logam beracun atau unsur-unsur yang memicu alergi pada tubuh manusia oleh karena itu logam ini dapat diterima oleh tubuh (bio-compatible). Selain itu material ini mempunyai kekuatannya tinggi serta massanya yang ringan oleh sebab itu sangat sesuai untuk menggantikan peralatan kesehatan orthopedik yang terbuat dari baja (steel) yang mempunyai kekuatan yang lebih rendah dan bobot yang berat yang membebani tulang. Akan tetapi, titanium dan paduannya juga dikenal sebagai material yang mempunyai sifat ketermesinan yang rendah (low machineabilty) atau sulit dimesin. Selama ini pembuatan peralatan kesehatan ortopedik dilakukan dengan pemesinan dengan Electron Discharge Machine (EDM) dan pahat Diamond yang mahal. Untuk menjawab kesulitan dan mahalnya pemesinan alat kesehatan ortopedik bermaterial titanium, maka pada penelitian ini diterapkan suatu metode pemesinan baru yaitu dengan penerapan sistem pahat putar modular. Pada penelitian tahun pertama (2013) diperoleh suatu model pemesinan bubut dengan pahat berputar berdasarkan metode FEM. Model ini sudah diaplikasikan dalam pengujian secara simulasi ketermesinan (machineability) material Titanium Ortopedik (Ti-6Al-4V ELI) dan AISI 1045 dalam aspek gaya dan suhu pemotongan. Hasil simulasi sudah divalidasi dengan pengujian secara eksperimen dimana hasilnya menunjukkan hasil yang relatif sesuai dengan hasil pengujian eksperimen dan perbedaan nilai (prosentase error) antara hasil pengujian simulasi dengan eksperimen relatif kecil yaitu secara umum ±10%. Oleh karena itu model simulasi ini dapat digunakan untuk pengujian atau optimasi parameter pemesinan material titanium ortopedik dengan sistem pahat putar dalam rangka rancang bangun peralatan sistem pahat putar modular. Luaran penelitian tahun petama ini adalah publikasi pada Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII (SNTTM XII) Sesi Internasional Paper, tanggal 23-24 Oktober 2013, dengan judul paper adalah The Experimental Investigation of Cutting Forces and Chip Formation on Turning with Actively Driven Rotary Tool, sedangkan luaran utama penelitian tahun pertama ini selesai adalah jurnal internasional. Untuk tahun selanjutnya adalah purwarupa (prototype) sistem pahat putar modular yang dapat dipatenkan dan digunakan oleh industri manufaktur logam dalam negeri untuk memproduksi peralatan kesehatan ortopedik bermaterial titanium alloy sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk impor peralatan tersebut.

    Item Type: Monograph (Project Report)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
    Depositing User: Surya Diwansa Harun
    Date Deposited: 30 Jul 2015 15:18
    Last Modified: 30 Jul 2015 15:18
    URI: http://repository.unila.ac.id/id/eprint/795

    Actions (login required)

    View Item