Repository Universitas Lampung

PENGARUH PEMILIHAN KEBIJAKAN PELEBARAN RUAS JALAN DAN PENGOPERASIAN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TERHADAP PENGURANGAN KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDAR LAMPUNG

sulistyorini, rahayu (2013) PENGARUH PEMILIHAN KEBIJAKAN PELEBARAN RUAS JALAN DAN PENGOPERASIAN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TERHADAP PENGURANGAN KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDAR LAMPUNG. In: FSTPT16, 1-3 November 2013, Surakarta.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (951Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract Traffic jam is one of the comman transportation problem in the city. Road widening and mass transport development is one of the way to increase the capacity of road segments with purpose to decrease traffic jam. To know how effective the road segment widening and mass transport development in decreasing the traffic jam and increasing road ability. Teuku Umur Street segment, Tanjung Karang-Rajabasa course analiysis has level of service ( LOS) C and Rajabasa- Tanjung Karang course has LOS C, after 1,5 m road widening, DS of Teuku Umar Street T.Karang- Rajabasa course become D and DS of Rajabasa-Tanjung Karang still C. This because the needs of transportation keep growing each year. Road widening is not the efficient solution of transportation problem, but with alternatif solution that judging by the needs of transportation side, means of transportation, engineering and traffic management and the institutional. To push the increasing personal vehide use, have to fixed the public transportation system in the ability of transport, high vebcity of the vehide, confort and goog safety and the appropriate cost. Key Words: Widening of Roads, BRT Service Level Abstrak Kemacetan lalu lintas merupakan salah satu masalah yang sering timbul pada daerah perkotaan. Pelebaran jalan dan pengembangan angkutan masasal merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas ruas jalan dengan tujuan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas. Untuk mengetahui seberapa efektif pelebaran ruasjalan dan pengembangan angkutan massal dalam mengurangi kemacetan dan meningkatkan kinerja jalan maka perlu diadakan penelitian dan analisis.Berdasarkan hasil analisis kinerja ruas Jalan Teuku Umar arah Tanjung Karang-Rajabasa memiliki tingkat pelayanan (LOS) C dan arah Rajabasa-Tanjung Karang memiliki tingkat pelayanan (LOS) C, setelah dilakukan pelebaran sebesar 1,2 m maka derajat kejenuhan (DS) di Jalan Teuku Umar arah Tanjung Karang-Rajabasa menjadi Ddan derajat kejenuhan (DS) arah Rajabasa-Tanjung Karang tetap C. Hal ini akibat kebutuhan akan transportasi terus berkembang tiap tahunnya.Pelebaran jalan bukan merupakan penanggulangan masalah transportsai yang paling efisien , melainkan dengan alternatifb pemecahan yang ditinjau dari sisi kebutuhan transportasi , prasarana transportasi, rekayasa dan manajemen lalulintas serta kelembagaan yang terkait. Untuk menekan laju peningkatan penggunaan kendaraan pribadi, harus diperbaiki system angkutan umum ( BRT) dalam hal kemampuan pengangkutan yang besar, kecepatan kendaraan yang tinggi, kenyamanan dan keamanan yang bagus serta biaya pengeluaran yang sesuai. Kata Kunci: Pelebaran Ruas Jalan, Tingkat Pelayanan BRT

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
    Depositing User: Admin Fakultas Teknik
    Date Deposited: 16 Nov 2015 14:31
    Last Modified: 16 Nov 2015 14:31
    URI: http://repository.unila.ac.id/id/eprint/810

    Actions (login required)

    View Item